7 TIPS MENDENGARKAN AKTIF

Seorang komunikator yang baik adalah seorang pendengar yang baik, seorang pendengar yang baik akan membuat lawan bicara sangat antusias, bagaimana caranya agar ketika kita berbicara orang akan mendengarkan dengan seksama, bagaimana caranya memulai sebuah dialog dan setelah dialog berjalan terasa sebagai sebuah perbincangan yang menyenangkan.

1. Beri kesempatan pada lawan bicara untuk menyampaikan seluruh hal yang ingin disampaikan, ketika kita sedang berkomunikasi dengan seseorang kemudian kita memotong pembicaraan mereka maka mood seseorang untuk berbicara menjadi turun, jika kita ingin mendistraksi topik pembicaraan maka kita dapat menggunakan metode bertanya, jika topik yang disampaikan kurang membuat kita sebagai pendengar nyaman maka alihkan dengan bentuk pertanyaan, sehingga lawan bicara akan tetap berbicara sesuai dengan topik yang menyenangkan dua belah pihak.

2. Jangan mengungguli lawan bicara, seseorang tidak mau dikalahkan dalam apapun, jangan pernah berusaha mengungguli lawan bicara..

3. Tetapkan topik pembicaraan yang disukai oleh dua belah pihak, jika bisa gunakan tema universal misalkan ” Bagaimana hasil pertandingan sepakbola tadi malam?”

4. Gunakan humor, humor adalah minyak dalam sebuah komunikasi, seorang yang gagal melakukan humor akan menjadi pembicara yang sangat membosankan.

5. Tunjukkan sikap antusias, sikap antusias terlihat dari ketertarikan kita dengan lawan bicara, jika kita tidak tertarik dengan lawan bicara maka pembicaraan menjadi sebuah keterpaksaan, secepat mungkin baca respon non verbal jika lawan bicara tidak tertarik dengan pembicaraan dan gunakan pendekatan yang berbeda.

6. Senyum atau wajah ramah, wajah yang ramah membuat seseorang mau berkomunikasi dengan seseorang, wajah galak, judes dan ketus akan membuat komunikan segera melakukan defence mechanisme defence.

7. Perluas wawasan, banyak membaca, banyak mengumpulkan informasi akan membuat materi pembicaraan menjadi semakin melebar dan meluas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: