KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Dalam Komunikasi interpersonal maka salah satu aspek yang penting disebut dengan daya tilik diri, insight atau bagaimana cara kita memandang diri kita, apakah penuh kelebihan atau penuh kekurangan, jika memandangnya penuh kelebihan maka akan membuat diri sombong dihadapan orang lain, merasa lebih unggul, merasa lebih baik, merasa tak terkalahkan, Benarkah manusia tidak bisa dikalahkan? meskipun dia seorang pemimpin negara adikuasa sekalipun? Satu – satunya yang tidak dapat dikalahkan hanyalah Allah sang Pencipta semesta, selama masih bernama manusia masih bisa dikalahkan, kenapa harus sombong dengan segala yang dimiliki di dunia?

Jika seseorang penuh kekurangan maka dia akan memandang dirinya tidak dapat melakukan apa saja, merasa memiliki banyak keterbatasan ,merasa memiliki alasan untuk tidak melakukan segala sesuatu, mencari rasionalitas terhadap kegagalan dan membentuk sebuah asumsi bahwa keberhasilan, kesuksesan, kemenangan menjadi milik orang lain, yang menjadi miliknya adalah kekalahan dan berbagai hal negatif lainnya.

Jika dua hal diatas negatif maka bagaimana komunikasi intrapersonal yang benar? apa hubungannya komunikasi intrapersonal dengan Komunikasi keperawatan? Bukankah ini dua hal yang terpisah? Keberhasilan melakukan komunikasi intrapersonal akan membawa dampak kepada seseorang, secara luas maka kemampuan komunikasinya akan meningkat karena dia mampu mengenal kelemahan dan kelebihan diri, menerima kekurangan dan kelebihan diri sebagai sebuah paket yang utuh, mereka secara sertif menerima semua kelemahan dan mengasahnya sehingga suatu saat kelemahan tersebut menjadi kekuatan, hanya diperlukan sebuah kemampuan untuk mengubah energi negatif menjadi energi positif sehingga kekurangan akan menjadi kelebihan.

Komunikasi intrapersonal adalah sebuah langkah sederhana bahwa untuk bisa berbicara atau berkomunikasi bagus dengan orang lain kita harus mengenal atau berkomunikasi dengan diri sendiri secara lebih intensif, mengenal tujuan – tujuan hidup, mengenal berbagai faktor pendukung dan mengenal berbagai faktor penghambat untuk mencapai tujuan, hanya dengan mengenal semua faktor tersebut maka kita akan mampu meminimalisir kegagalan dan kekalahan, hanya dengan memperkuat mental kita maka kita mampu mengubah kehidupan kita saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: