KOMUNIKASI VISUAL

entah benar atau tidak istilah yang saya gunakan, tetapi selama ini kita jarang menggunakan beberapa istilah baru, istilah ini dimunculkan dari penggunaan media visual untuk berkomunikasi, sebagai contoh : patung, bangunan, film animasi, maket, lukisan, fotografi dll.

Apa manfaat komunikasi visual ini bagi kita? jika kita berkomunikasi dengan seseorang kemudian kita menggunakan kata – kata bisa saja kata – kata kita dianggap menyakitkan, kata – kata kita dianggap terlalu vulgar bisa saja kata – kata kita dianggap kurang bermutu atau bagaimana?

Ekspresi seseorang dalam berkomunikasi menjadi sebatas akumulasi kosakata yang ada dalam memorinya, jika kosakata yang terkumpul banyak maka dia bisa membuat sebuah pidato yang menarik, mampu membuat sebuah ucapan dan pembicaraan yang di dengarkan banyak orang.

Bagaimana dengan pakar komunikasi visual sekelas Affandi, Pablo Picasso, Michaelangelo, Leonardo Da Vinci? mengapa lukisan mereka begitu mahal? mengapa orang tertarik dengan lukisan mereka karena lukisan mereka mewakili jiwa mereka, lukisan mereka mewakili apa yang ada dalam benak mereka, hasil lukisan mereka memberi makan jiwa penikmatnya.

Komunikasi visual menyentuh perasaan terdalam manusia, bagaimana sebuah foto yang tepat bisa membuat ribuan mata menjadi kagum atau justru ribuan pasang mata menjadi terbelalak kaget, beredarnya video dan gambar porno sebagai sebuah komunikasi visual, sebuah komunikasi yang tidak disadari oleh pencipta dan penikmatnya bahwa hal itu mampu mengurangi kapasitas memori otak karena dijejali dengan informasi yang tidak jelas.

Jika kita sayang dengan otak kita, memaksimalkan memori otak kita maka selektiflah terhadap apa yang dikonsumsi oleh mata anda, jika tidak maka anda sudah melakukan sebuah rencana untuk menurunkan kapasitas memori otak…semoga bisa menjadi bahan renungan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: