Biografi Komunikator Sukses 1 : Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey atau Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika, 29 Januari 1954. dia lahir dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumahtangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan bahwa dia hamil dan akhirnya dia harus melahirkan, namun malang bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, penuh percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun dia dapatkan saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah juga pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah untuk pertama kalinya dia menjadi sorotan publik..

oprah memulai karir pada 2 Januari 1984 saat itu dia diminta memandu acara di WLS-TV program AM Chicago, sebuah program perbincangan berating sangat rendah saat itu. sebuah fakta menarik bahwa sebelum menjadi pembicara terbaik ternyata Oprah pernah menjadi pembicara televisi yang sama sekali tidak diperhitungkan.

Program perbincangan tersebut kemudian diubah menjadi The Oprah Winfrey Show, yang kemudian mulai disiarkan secara nasional pada 8 September 1986. luar biasanya begitu program ini diganti nama ternyata menuai sukses besar, sampai akhirnya program ini menjadi program favorit dan disiarkan ke sejumlah negara, bahkan telah mengantongi kontrak untuk diproduksi hingga 2011 mendatang.

Perempuan yang pernah menjalani hidup bersama Stedman Graham itu, juga membintangi sejumlah film, di antaranya kisah adaptasi dari karya peraih nobel Alice Malsenior Walker, THE COLOR PURPLE, yang disutradarai oleh Steven Spielberg.

Bermodal keberanian “Menjadi Diri Sendiri”, Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

Sekelumit kisah sukses Oprah ini mampu menjadi sebuah contoh bahwa seorang komunikator mampu dibayar mahal, kelak ke depan blog ini akan menampilkan Biografi para Komunikator kelas dunia yang telah membuktikan bahwa kepiawaian dalam berkomunikasi mampu mengantarkan seseorang ke sebuah gerbang kesuksesan, Bahwa komunikasi mampu menjadi alat dan sarana untuk berubah menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: