KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT METAMORFOSA DIRI

KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT METAMORFOSA DIRI, Komunikasi adalah sebuah alat untuk melakukan perubahan, Salah seorang pujangga mengatakan bahwa ” kehidupan selalu berubah, satu – satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri”. Jika kita tidak mau berubah maka kita akan digilas oleh waktu, digilas oleh jaman dan digilas oleh arus globalisasi dan modernisasi.

Kita sangat beruntung bahwa tidak ada korelasi antara pendidikan dengan keberhasilan hidup, sehingga peluang untuk keberhasilan hidup lebih cenderung dipengaruhi oleh konsep diri, visi, misi, rencana pencapaian, out of box, goal setting, business plan, marketing plan, creative thingking dll.

Mengapa judul posting ini adalah komunikasi sebagai alat metamorfosa? metamorfosa adalah perubahan, seekor ulat berubah menjadi kepompong baru kupu – kupu, manusia dari anak – anak menjadi remaja kemudian dewasa. Komunikasi menjadi sebuah alat karena untuk melakukan perubahan satu hal yang perlu kita lakukan adalah komunikasi intrapersonal, kita perlu berbicara dengan diri sendiri tentang apa yang kita inginkan dalam hidup ini.

Kehidupan menjadi berat dan menyedihkan ketika kita tidak bisa memisahkan mana kebutuhan dan mana keinginan, kebutuhan membutuhkan biaya yang relatif lebih sedikit dibanding keinginan, keinginan ini pula yang membawa manusia ke dalam lembah kehancuran, karena terlalu banyak keinginan, keinginan tidak di planning, keinginan tidak di rencanakan, asal ingin langsung dituruti.

Komunikasi intra personal yang efektif akan membuat komunikasi interpersonal menjadi efektif pula, seorang pembicara terbaik lebih mengenal dirinya sendiri dibanding orang lain, area terbukanya besar, yang dia ketahui dan yang diketahui orang lain lebih besar daripada area Blind dan area Secret.

Jika ingin melakukan perubahan atau metamorfosa maka bertanya dan jujur kepada diri sendiri adalah langkah awal, apakah keinginan saya realistis, apakah apa yang saya inginkan sebenarnya saya butuhkan, apakah kebutuhan saya sudah terpenuhi?, jika kebutuhan saya belum terpenuhi apa yang harus saya lakukan?

Jujurlah dengan diri sendiri! maka kelak anda akan bisa menerima semua rahasia yang telah Tuhan gariskan untuk anda, mengapa jodoh anda si A bukan si B, mengapa anda dilahirkan oleh orangtua anda bukan orang tua teman anda, mengapa matahari terbit di timur dan terbenam di barat, semua pertanyaan tersebut akan terjawab setelah anda memutuskan ke arah mana anda akan membawa diri anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: