PENGARUH KOMUNIKASI DAN PEMASARAN DIRI

Selama ini kita telah melewati tahapan pilkada atau pemilihan kepala daerah, tapi pada tanggal 9 April 2009, momen itu akan berganti dengan pemilihan anggota legislatif, banyak masyarakat yang bingung dan bertanya – tanya siapa yang harus saya pilih, dengan begitu banyak pilihan, begitu banyak janji maka akan begitu banyak pula sikap no respons karena ketidakmampuan memberikan pilihan.

Banyak jalan menuju Roma, sehingga tadinya legislatif yang bertujuan untuk mewakili aspirasi dan suara rakyat beralih menjadi keinginan untuk mendapatkan pekerjaan karena banyaknya orang yang belum bekerja.

Perubahan paradigma wakil rakyat menjadi orang yang bekerja akan mengubah target dan tujuan seseorang setelah menjadi anggota legislatif, keinginan berjuang akan dipupus oleh keinginan membeli mobil, membangun rumah mewah untuk memenuhi aktualisasi diri.

Calon anggota legislatif tidak hanya laki – laki tapi juga perempuan, dengan berbagai metode marketing, mereka memajang gambar dan foto diri di jalan – jalan. Jika saja mereka mau memikirkan nasib pendidikan bagi rakyat yang memikirkannya maka rakyat akan memiliki loyalitas terhadap pilihannya.

Mencalonkan diri menjadi anggota legislatif adalah memasarkan diri agar semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin dikenal oleh beberapa politikus lainnya, jika perlu mereka menjalin perkenalan lewat sosial networking seperti facebook dan friendster.

Semoga metode komunikatif Barack Obama akan menginspirasi para anggota legislatif dalam menjaring massa, sebuah keyakinan dan loyalitas akan sulit digeser oleh uang maupun money politic. Komunikasikan diri anda ke semua orang, tebarkan senyum, ulurkan tangan (tidak selalu uluran tangan adalah dengan uang), libatkan diri anda dengan kegiatan masyarakat maka self marketing anda akan sangat hebat.

Jika merasa komunikasinya buruk, baca artikel http://www.andriewongso.com” maka kelak pendukung akan menjadi kekuatan besar di 9 April 2009 besok, semoga artikel ini bisa menjadi renungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: