KOMUNIKASI DIGITAL

Apa sih manfaatnya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam keperawatan? memang perawat butuh komputer dalam merawat pasien, khan cukup menyediakan spuit 3 cc trus menyiapkan obat khan sudah beres, mau infus tinggal menyiapkan abocath dan plabot serta infus set sudah selesai, mau pasang NGT cukup menyiapkan alat sudah beres, kenapa harus menggunakan teknologi informasi segala?

Terkesan pertanyaan diatas simple dan sepele, padahal pertanyaan diatas bisa saja muncul bagi orang yang memang tidak mau berkembang, ketika keperawatan mulai menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan maka bagi beberapa orang yang tidak mau berkembang pasti akan ditanyakan dengan pertanyaan diatas, apakah kita akan selalu mendewakan logika akal sehat kita dalam melakukan sebuah tindakan, mengapa tidak memberi kesempatan teknologi digital untuk mengambil alih memori otak kita?

Teknologi informasi dan komunikasi membantu manusia mempercepat pengolahan data, jika data pasien beserta semua pemeriksaan labnya bisa dianalisis dengan komputer, nilai precisi dari pemberian obat secara titrasi memiliki ketepatan tinggi maka apalagi yang akan menghambat kerja kita, tidak perlu lagi mengitung rumus tetesan infus, tidak perlu harus menginterpretasi EKG karena sudah dianalisis secara digital, bahkan hanya untuk pengukuran tumbuh kembang dan analisis sekalipun bisa menggunakan alat bantu teknologi digital.

Jika satu keping DVD bisa menyimpan data ratusan pasien, berapa banyak penghematan yang bisa dilakukan? penghematan secara finansial maupun secara sumberdaya, untuk menyimpan arsip kertas dibutuhkan ruang penyimpanan yang sangat besar dan luas, sementara penyimpanan digital membutuhkan ruang yang lebih kecil bahkan bisa dibawa kemana saja tanpa khawatir data tersebut mampu dibaca oleh orang lain,

Saatnya kita mulai berbenah diri menyambut telenursing, sistem informasi asuhan keperawatan, sistem informasi manajemen RS dan berbagai macam software terbaru yang akan membantu kita dalam efektivitas dan efisiensi.Teknologi informasi bukan lagi urusan orang TI tapi sudah menjadi kebutuhan bagi semua lini kehidupan.

2 Tanggapan

  1. benar, teknologi digital mampu mengefisiensi waktu dan biaya🙂

  2. dengan teknologi digital, konsultasi kesehatan tidak lagi terbatas tempat dan waktu, resiko malpraktik bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: