MENTOR DAN MENTORING

Pengertian Mentor

       Dukungan/bimbingan

       Mendukung dan membimbing orang lain – untuk berjuang dan berusaha mencapai tujuan tertinggi

       Seorang penasehat/pembimbing yang dipercaya dan bersahabat, terutama seseorang yang baru di suatu peran tertentu (rowntree, 1981)

Peran Mentor

       Terlibat di dalam hubungan interpersonal yg kuat dng orang yg kurang berpengalaman, pada umumnya orang yg lebih muda

Figur seorang mentor

       Mempunyai pengetahuan cukup

       Pengalaman yg memadai

       Memahami dan mengerti

       Penasehat yang baik

       Mempunyai ketetapan hati

       Perencanaan yang baik

       Penguasaan diri

       Pembimbing/penunjuk jalan yang dipercaya

Perawat Mentor

       Seorang berwenang yg dihormati

       Seorang praktisi perawat teladan

       Telah menyelesaikan pendidikan dan mengikuti perkembangan

       Mengetahui pada yg ada di depannya, mampu memberi dukungan dan dorongan keberanian

       Mengerti dan berbicara dengan ungkapan akademik dan tuntutan esoteris

       Bertindak atas nama orang yg dibimbingnya

       Mengenali kompetensi bimbingannya

       Mentoring palsu

Type Mentoring menurut Morton-Cooper & Palmer

       Mentoring palsu : Dukungan untuk tugas-tugas yg berhubungan dengan kualifikasi profesional dan pekerjaan

       Mentoring sejati : dukungan seutuhnya bagi individu untuk mengembangkan sebuah peran profesional yg baru dan kompleks

Cirri perawat mentor

       Muncul pada masa awal untuk menawarkan dukungan, menghilangkan rasa takut dari pengasingan, ketidakpedulian, cemoohan

       Dapat bertindak sebagai seorang pembimbing

       Dapat memberikan peringatan dan pandangan, mefasilitasi pembelajaran, menberi umpan balik, kritik konstruktif dan pujian

       Dapat menerjemahkan dan menerangkan syarat-syarat kursus

       Bertindak sebagai advokat

       Memperbolehkan kemandirian dan dapat memisahkan diri

Konsep menthoring

       Perkembangan sepanjang hidup (Erik Erikson)

       Tahap perkembangan intelektual dan etika (William Perry)

       Teori pembelajaran (Albert Bandura)

Perkembangan sepanjang hidup

       Tahap paling relevan bagi mentor usia dewasa menengah

       Mentoring sebuah manifestasi tugas orang dewasa menengah (merriam, 1983)

       Tugas utama generativitas-stagnani tergantung tugas perkembangan sebelumnya

       Kekuatan produksi dan kepedulian

       Dibutuhkan kematangan emosional yg cukup orang yg dibimbing, identitas diri adequatm kemampuan berhubungan

Perkembangan intelektual dan etika

       Hubungan mentoring dipengaruhi kemampuan intelektual dan etika secara bertahap

       Ditandai dengan kemandirian, fleksibilitas, keterbukaan dan kobinasi ideal dukungan-tantangan

Teori pembelajaran sosial

       Model (teladan) aspek penting dalam mentoring

       Orang yg dibimbing akan meniru perilaku, nilai-nilai dan sikap mentor

       Berkaitan dengan prinsip penguatan dan peniruan dlm hubungannyg dengan pengendalian dan modifikasi perilaku

       Partisipasi peran bentuk pembelajaran paling ampuh

Mentoring dalam konteks

       Mentoring dalam organisasi

       Mentoring dalam pendidikan

       Mentoring dalam keperawatan

Mentoring dalam organisasi

       Mentoring dapat berlangsung dlm hubungan kontrak

       Diimplemetasikan sebagai bagian sebuah program organisasi atau pengembangan karir bukan pengembangan kepribadian dewasa

       Model yg saling menguntungkan

       Masalah hubungan berakar dari komunikasi yg buruk, salah persepsi, gagal komunikasi, ketergantungan

Mentoring dalam pendidikan

       Program mentoring digunakan sangat luas: program anak berbakat, pelatihan guru awal-lanjutan, pengembangan staf, program mahasiswa, pendidikan perawat dll

       Tujuan untuk menumbuhkan kemandirian, pembelajaran yg diatur sendiri, memungkinkan pembelajaran yg tak mungkin dilakukan di dalam kelas

Mentoring dalam keperawatan

       Perawat mampu bekerja dengan cara kolaboratif dan kooperatif dengan profesi kesehatan lainnya dan mengenali serta menghargai konstribusi dlm tim kesehatan

       Berakar pada penerapan pembelajaran orang dewasa dan teori perkembangan

       Memungkinkan pendatang baru dlm keperawatan untuk melewati masa peralihan lebih lancar dari pemula menjadi praktisi penuh

 

 

 

 

 

3 Tanggapan

  1. akh ana copy tulisannya antum….syukran before

  2. terimakasih mau copy materi dari blog saya, semoga bermanfaat.

  3. hemm….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: