KERJA TIM


Dunia selalu berisi unsur – unsur yang berbeda, ada air, ada awan, ada udara, ada tanah, ada kayu, ada logam, ada api, ada minyak. Sama halnya manusia mereka selalu mewakili karakter – karakter alam, ada yang tenang seperti air, ada yang labil seperti udara, ada yang kuat seperti logam, ada yang menaungi seperti kayu, ada yang kokoh seperti tanah. Warna pelangi menjadi indah karena dia adalah kumpulan warna yang membentuk sinergi yang indah. Anda lihat bagaimana sebuah tim sepakbola bermain, ada yang sebagai penjaga gawang, ada yang sebagai striker, ada yang sebagai gelandang serang, ada yang menjadi libero. Mengapa Anda menempati posisi berbeda seperti posisi sepakbola, mengapa tidak semua orang kaya, mengapa tidak semua wanita cantik. Karena jika semua orang kaya maka tidak ada yang menjadi pembantu, apa saja harus Anda lakukan sendiri, mengangkat semen juga Anda sendiri. Maka inilah bermaknanya tim.

Tim bukanlah pakar yang bergabung menjadi satu, tim adalah ketika “every body important” dan “no very important personBagaimana cara membangun tim, yang pertama berkumpullah dengan orang yang satu hobi dengan anda, yang memiliki minat yang sama, yang memiliki kemampuan berbeda – beda, kemudian secara perlahan tingkatkan intensitas pertemuan, catat hari ulang tahun teman – teman anda, terkadang sekedar ucapan ulang tahun sudah mampu mempererat hubungan antara seorang manusia dengan manusia lainnya.bangun saling pengertian, lemparkan seulas senyum tiap bertemu dengan teman satu kelompok, buat kode khusus untuk membentuk identitas kelompok, jika perlu secara fisik buatlah baju atau kaos tim. Pertama kali pasti akan muncul konflik antar individu, harus ada fasilitator yang mampu memecah konflik, lakukan kemah bersama atau touring bersama, setelah anda saling menyelami masing – masing teman anda, anda akan tahu harus sebagai apa ketika tim anda akan bergerak.

Tim sejati tidak terbentuk secara tiba – tiba, tim sejati terbentuk berdasarkan sebuah perencanaan yang matang, berdasarkan proses adaptasi yang dikontrol, proses adaptasi yang negatif segera di treatment. “tim samba Brasil dengan Ronaldinho, Kaka, Adriano, Gilberto Silva, Dida dan beberapa pemain lain, semua orang memegang peranan di lini masing – masing, kekuatan tim sejati muncul ketika Ronaldinho dan Kaka mau menjadi jembatan bagi Dida, libero sampai ke Adriano. Sebagai penghubung antar lini sehingga ketika harus menyerang mereka berdua akan saling bertukar posisi, pertukaran posisi secara signifikan sesuai dengan situasi yang sedang berlangsung, sehingga ketika Adriano dalam kawalan ketat, Ronaldinho menjadi ujung tombak penyelesai masalah atau goalgetter, Tapi jika Adriano dan Ronaldinho dikunci maka Kaka atau Gilberto yang menggantikan peran melakukan penetrasi ke gawang. Saling mendukung, saling menutup dan saling memperkuat, kekuatan tim sejati adalah dalam kekompakan, dalam kebersamaan, ketika tidak ada salah satu dari anggota tim yang merasa paling penting, ketika ada salah satu anggota tim yang merasa penting maka anggota tim lain akan merasa terabaikan, merasa tidak bermakna.

Dengan kekuatan kebersamaan, kekuatan yang merupakan gabungan dari persamaan, persatuan, satu visi dan misi serta keinginan mencapai tujuan bersama. Tanpa dukungan dari masing – masing anggota tim, sepakbola hanya akan menjadi atlet lari jarak jauh, tanpa sebuah perencanaan yang matang Anda hanya akan berjalan tanpa arah yang jelas, mudah terbaca lawan sehingga mudah dikalahkan, inti dari pembentukan tim sejati adalah ketika masing – masing anggota merasa nyaman dan aman dengan peran mereka masing – masing.ketika tidak ada yang iri dengan anggota tim lain. Secara umum sebuah tim ada anggota, ada ketua, ada sekertaris dan bendahara. Perbedaan peran ini akan tergilir dengan baik untuk membentuk pengalaman, seorang anggota sekali waktu diberikan kesempatan menjadi koordinator atau pemimpin sebuah kegiatan, beri kesempatan agar dia menentukan siapa yang akan dia pilih untuk mendukung rencananya.

Tim berusaha membentuk karakter dan sebuah budaya kepemimpinan yang efektif, ketika proses delegasi ingin berhasil maka proses duplikasi menjadi kunci, menduplikasikan atau mencetak orang dengan kemampuan yang hampir setara adalah sumber kekuatan dari sebuah tim. Betapa kokohnya Chicago Bulls dengan Dennis Roodman, Scotie Pippen, Toni Kukoc dan Michael Jordan. Secara umum Michael Jordan adalah kapten tapi ketika peran Michael Jordan diminimalisir oleh lawan, Dennis Roodman maupun Scotie Pippen segera menjadi second line, orang kedua yang mampu menggantikan secara sempurna, secara mengejutkan Toni Kukoc akan melakukan tembakan tiga angka yang mengejutkan lawan. Perasaan semua penting akan memberi makan kepada harga diri masing – masing anggota

Tim yang sempurna adalah ketika terjalin komunikasi yang positif, komunikasi yang tidak saling mencurigai, komunikasi yang penuh kepercayaan, membentuk tim yang kuat membeutuhkan kepercayaan, dari anggota kepada pengelola maupun sebaliknya. Seorang komandan militer secara periodik akan memberangkatkan anak buahnya dalam tugas yang benar – benar berbeda. Meski digembleng dalam waktu yang sama, individu akan menghasilkan banyak hal yang berbeda. Karena banyak faktor yang membuat mereka berbeda sejak kecil. Sejak mereka dilahirkan faktor perbedaan ini sudah ada, tetapi faktor perbedaan ini akan menjadi kehilangan makna dengan kebersamaan, dengan persatuan. Seperti semboyan negara Anda “ bhineka tunggal ika” yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu. Atau semboyan the three musketers “ one for all dan all for one” satu untuk semua atau semua untuk satu.kekuatan menuju 1 goal adalah tenaga penggerak tim agar tidak melenceng.

Perbedaan warna kulit, agama, pengetahuan, kecerdasan, latar belakang orang tua tidak perlu menjadi persoalan dalam pembentukan tim. Sehingga dalam militer di kenal istilah zero yang artinya begitu seorang pemuda masuk militer, ia harus menanggalkan semua egosentris, individualis, narsis, sombong. Terbentuk jiwa korsa, jiwa kasih sayang terhadap sesama anggota tim, terbentuk rasa perduli terhadap anggota tim, rasa tenggang rasa terhadap anggota tim. Sehingga sebotol air akan dinikmati bersama, sebuah pisang akan terbagi secara merata. Tanpa ada perasaan paling penting, mereka saling berbagi, “lihatlah film Black Hawk Down dan anda akan menemukan bagaimana masing masing anggota menyerahkan kepercayaan bahkan hidup mati dengan berbagi kekuatan atau spirit. Jika selama ini anda sendirian, maka anda akan mengalami kesulitan dalam menggapai impian – impian anda. Sehebat apapun Andrew Carnegie memimpin pabrik baja, atau Warren Buffet memimpin perusahaannya, selalu ada orang – orang disekitar mereka yang loyal dan sangat kompeten. Jika anda ingin berhasil dalam apapun, jangan pernah mengabaikan kehadiran orang lain, jika sebuah RS tanpa kehadiran cleaning service betapa kotornya lingkungan RS, jika 1 ruangan ada 50 pasien dengan 3 orang perawat jaga sore, akan sangat tidak memungkinkan jika mereka harus menguras bak kamar mandi, membuang sampah dll. Bisa – bisa tugas utama untuk merawat pasien akan terbengkalai. Kehadiran orang lain secara spesifik akan ikut memberi arti dan makna dalam sebuah tim pelayanan, tim produksi maupun tim distribusi. Dengan kesendirian anda tidak dapat menikmati tawa bersama, canda bersama. Secara mental tidak mampu tumbuh kooperatif karena tidak ada partner.

Mulai sekarang ciptakan tim anda, tim tidak harus sekumpulan pakar, yang penting tim adalah perbedaan peran menuju 1 tujuan. Jika perbedaan tetapi tujuan berbeda berarti bukan tim, karena tim seperti jari – jari pelek, mereka saling menguatkan, saling menopang, saling mendukung. Jika selama ini anda selalu melakukan apa saja secara sendirian, cobalah meminta bantuan orang lain, jika perlu lakukan duplikasi agar ada orang yang memiliki kompetensi seperti anda. Buatlah tim yang anggotanya lebih dari 3 minimal 4 orang, meskipun mereka saudara anda, mereka tetangga anda, bentuklah dengan persahabatan, kepercayaan, sebarkan sebuah tujuan mulia pada tim anda, susun rencana untuk merealisasikannya, segera lakukan pertemuan. Bahkan jika anda hanya ingin sekedar naik gunung, berpiknik keluar kota, kehadiran orang lain diseAndar anda akan mengubah hidup anda.

Ketika anda tidak sendiri akan ada orang yang mengulurkan tangan ketika anda membutuhkan bantuan, akan ada orang yang merawat anda ketika anda sakit. Bentuklah tim anda, meski secara dasar manajemen anda belum paham pembentukan tim, dengan berkumpul dan berintarksi dengan orang lain, dengan tujuan mencapai visi bersama, anda memiliki kesempatan untuk mencapai keberhasilan. Karena pergerakan satu individu mampu ditakhlukkan oleh faktor eksternal dan faktor internal, tetapi dengan kekuatan kebersamaan, anda akan merasakan sebuah keajaiban, kemampuan anda akan terasah yang berimbas ke kehidupan anda, emosi yang terkontrol, rasa saling perduli dan rasa saling menyayangi 1 sama lain. Meski anda bukan seorang yang berbekal pengetahuan manajemen, sudah saatnya bersama orang – orang tedekat anda, mulai berjalan menuju impian anda, impian yang sesuai dengan kata kebenaran dalam hati, yang direncanakan oleh otak dan di implementasikan oleh organ tubuh yang lain untuk mencapai keberhasilan. Jangan pernah melihat orang lain, karena keberhasilan adalah perpindahan titik, Robert Tiyosaki dalam bukunya sering menyebutkan perpindahan quadrant, perpindahan pola pikir, bahkan secara lebih sederhana perpindahan yang dimaksud adalah perpindahan dari keadaan sekarang menuju keadaan lebih baik berikutnya, dari seadanya menuju seharusnya, jika Anda mampu mengeluarkan semua potensi yang terpendam dalam diri Anda maka Anda akan menemukan sebuah kekuatan luar biasa yang akan selalu mendukung anda agar anda sampai ke impian anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: