THE WINNING SPIRIT

The Winning Spirit adalah mentalitas menuju kemenangan, mentalitas untuk selalu maju meski dengan potensi yang terbatas tetapi keterbatasan tidak menjadi alasan untuk kemudian mundur atau bahkan menyerah terhadap tantangan kehidupan. ”Ketika pertandingan final liga champion antara Bayern Muenchen dengan Manchester United kedudukan 2 – 0 untuk kemenangan Bayern Muenchen, waktu hampir habis, pasukan Manchester United hampir bisa dipastikan kalah, tiba – tiba seperti mendapatkan tenaga extra mereka mampu menyamakan kedudukan justru ketika pertandingan hampir berakhir, ketika akhirnya peluit ditiup justru Manchester United yang mampu mengalahkan Bayern Muenchen dengan skor 3 – 2. Mentalitas tidak takut kalah, mentalitas ingin menjadi juara telah menggerakkan pasukan Sir Alex Ferguson untuk mengerahkan segala cara melakukan penetrasi ke gawang Oliver Khan dengan gencar, sebuah mentalitas yang akhirnya membuat mereka meraih Treble Winner” The Winning spirit adalah pembentukan sikap mental untuk berusaha memaksimalkan sumberdaya yang anda miliki. Ketika anda terlahir, apapun kondisi anda, semua ini adalah penciptaan yang paling sempurna dari Tuhan. apapun kondisi anda, tidak layak menjadi alasan untuk menyerah terhadap situasi dan keadaan.
Pepatah jawa mengatakan ada 3 ciri seorang ksatria sejati “digdoyo tanpo aji (tak terkalahkan tanpa menggunakan ilmu kesaktian), menang tanpo ngasorake (menang tanpa harus mengalahkan) dan nglurug tanpo bolo (mendatangi musuh tanpa membawa banyak teman). Pertama bahwa anda bisa menjadi orang hebat tanpa ilmu kesaktian, anda bisa menjadi seorang pemenang meski sebenarnya potensi diri anda terbatas, bakat anda tidak semelejit orang lain, tapi anda masih punya satu organ istimewa yang membuat anda akan mampu mencapai semua tujuan anda, mencapai apa yang anda impikan. Organ itu adalah otak anda, karena otak pula yang membedakan manusia dengan binatang. Otak adalah sebuah software yang mampu menentukan kinerja dari organ internal anda, apa yang anda masukkan sebagai input akan diolah oleh otak menjadi sebuah informasi yang akan dipersepsi kemudian akan meghasilkan sebuah tindakan, menjadi orang hebat tanpa menggunakan ilmu kesaktian adalah mencapai tujuan dengan cara – cara yang normative, etis dan legal. Menggapai mimpi dengan kedua tangan anda bukan dengan meminta kepada orang tua Anda tetapi anda berusaha menggapainya dengan tangan anda, andaikata orang tua anda mendukung maka gunakan dukungan tersebut sebagai tenaga penggerak anda untuk mencapai tujuan. Kedua yaitu anda bisa menang tanpa harus mengalahkan, menurut teori manajemen konflik ini disebut compromise technique, sebuah teknik pendekatan dimana dua pihak yang konflik bertemu mengemukakan argumen kemudian membuat semacam kesepakatan yang tidak merugikan kedua belah pihak dalam bahasa Stephen R Covey disebut dengan win – win solution, sebuah metode pemecahan masalah dengan membuat kedua belah pihak merasa nyaman.
“ Kisah ini terjadi dalam sebuah realita kehidupan ketika Andrew Carnegie berebut kontrak kereta api dengan Pullman, Andrew Carnegie justru menyarankan sebuah nama Pullman Company untuk nama kerjasama, mengapa ia melakukan hal tersebut? Karena ia yakin dengan memberi makan harga diri dan menjaga ego Pullman maka ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan yaitu keberhasilan kontrak.”
Terkadang kebaikan justru lebih efektif untuk merebut simpati orang lain dibandingkan dengan perilaku menguasai orang lain, dengan memenuhi kebutuhan harga diri orang lain maka anda sudah membuat orang lain tersebut merasa nyaman. Ketika anda berbeda pendapat dengan orang lain, anda harus mampu melihat aspek positif dari setiap situasi, harus mampu melihat sisi terang dari setiap masalah bukan sisi gelapnya. Melihat sisi terang akan membuat anda menjadi orang yang “trimo ing pandum (menerima takdir yang diberikan Tuhan kepada anda) meski sebenarnya klasifikasi takdir ada beberapa jenis, takdir yang memang sudah tidak mungkin  dirubah misalkan jenis kelamin (meski secara fisik jenis kelamin bisa dioperasi, tetapi beberapa penelitian belum berhasil untuk benar – benar mengubah seorang pria menjadi wanita tulen, penyusunan rahim, jalan lahir antara ciptaan Tuhan dengan ciptaan manusia sangat jauh berbeda, karena jalan lahir adalah organ yang paling elastis di dunia). Ada takdir yang masih bisa di ubah misalkan kekayaan, pengetahuan, ukuran otot, bahkan berat badan dan tinggi badan juga termasuk dalam kriteria yang bisa diubah, warna kulit juga bisa diubah dengan pemberian anti melanin, karena melanin yang membuat beberapa orang cenderung berwana kecoklatan. Sehingga dikembangkan beberapa kosmetik untuk membuat kulit lebih bersih dan kelihatan lebih menarik. Bahkan beberapa wanita rela mengeluarkan uang berjuta – juta untuk menjaga warna kulit maupun penampilan mereka
Jika masih ada takdir yang bisa anda ubah, mengapa anda tidak menentukan takdir anda, tugas manusia adalah berusaha dan Tuhan jualah yang akan memutuskan atau menetapkan. Sehingga ketika rencana anda belum menjadi kenyataan mungkin menurut Tuhan anda belum berhak untuk mendapatkannya. Jika oleh Tuhan anda sudah dianggap mampu maka apa yang anda minta akan diberikan oleh Tuhan. Tuhan memiliki penundaan rencana anda dengan harapan anda akan mengasah kemampuan dan mengasah ketrampilan anda dalam menetapkan rencana. Seseorang mampu menetapkan rencana sesuai dengan apa yang ada dalam memori otaknya, jika dia sudah terbisaa menghadapi masalah yang kompleks maka dia akan menetapkan multi planning, dia akan menetapkan alternatif jika rencananya tidak berjalan seperti yang ia perkirakan.
Pernahkan selama ini terpikirkan oleh anda jika Tuhan selalu memberikan apa yang diminta oleh hamba – hambanya maka apa yang terjadi pada dunia, ketika semua orang cantik, ketika semua orang kaya, ketika semua tubuh sehat. Berapa banyak salon kecantikan akan tutup, beberapa rumah sakit juga gulung tikar karena tidak memiliki pasien, perbedaan ini yang membuat bumi masih terus berotasi dan berevolusi. Dunia akan berwarna jika ada warna merah, warna hijau, warna biru, warna kuning. Gabungan dari warna – warna tersebut sudah menimbulkan keindahan tersendiri, apalagi jika semua warna tersebut tergabung secara artistik. Betapa indahnya.
Perbedaanlah yang membuat Anda berguna bagi orang lain, perbedaan membuat semua bentuk di bumi menjadi begitu artistik, bahkan menjadi kebanggaan tersendiri, bagaimana bentuk Ankhorwat di Thailand, Colloseoum di Roma maupun Candi Borobudur di Indonesia, mengapa dibuat berbeda, karena untuk sebuah kebanggaan, sebuah keunikan, sehingga ketika anda berbeda satu sama lain, semua itu bukan menjadi alasan bagi anda untuk saling serang, saling bantai ataupun saling hujat. Tanpa perbedaan justru manusia seperti robot, anda hanya akan bergerak ke satu arah. Perbedaan itu yang membuat manusia menjadi maju.
Ketiga adalah ketika anda berani menghadapi suatu masalah tanpa melibatkan begitu banyak campur tangan orang lain, anda ingin membeli mobil, cobalah untuk berfikir bagaimana cara membeli mobil. Jika anda menjadi orang yang sedemikian manjanya sehingga anda tinggal meminta kepada ayah ibu anda “Pah, belikan mobil!” maka anda sudah berbuat kurang pantas kepada orang tua anda, seharusnya “Pah, ini ada uang 130 juta dari bisnis saya, papah tak belikan mobil ya?”. Dua pernyataan yang sangat bertolak belakang, ketika anda bisa membanggakan orang tua anda, ketika anda bisa membuat mereka tersenyum karena keberhasilan anda. Meski hampir semua orang tua juga bangga ketika mereka mampu memberikan sesuatu kepada anaknya. Jika dua pemikiran untuk saling memberi ini bertemu, anda tidak akan terlalu bergantung pada orang lain, lebih parahnya kelemahan atau ketakutan anda membuat anda harus meminta begitu banyak orang untuk mengerjakan pekerjaan anda yang sebenarnya mampu anda lakukan sendiri.
Ksatria sejati, pemenang sejati tidak melihat kemenangan dari satu sisi, mereka melihat bahwa ketika mereka menang, berhasil, sukses tidak ada pihak lain yang merasa dirugikan, tidak ada satu pihak pun yang merasa dicurangi, ketika semua pihak merasa nyaman dengan keadaan mereka. Seorang pemenang sejati tidak tergiur dengan simbol – simbol kemenangan, seorang pemenang sejati mengetahui makna kemenangan yang sesungguhnya bahwa kemenangan adalah ketika anda mampu mengalahkan pikiran negatif, prasangka negatif, kata – kata yang kurang pantas, hati yang kotor, anda mampu menjaga kehormatan diri dengan tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma maupun nilai di masyarakat. Pemenang sejati adalah orang yang mampu mencapai keseimbangan hidup, yang mampu menyeimbangkan aspek fisik, mental, sosial dan spiritual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: