MENGENAL DIRI SENDIRI

Mengenal diri bukan hanya menjawab siapa nama anda, apa warna favorit anda, mengenal diri adalah upaya menerima kelebihan dan kekurangan dengan porsi yang wajar, meski kulit anda hitam, meski anda tidak sempurna tetapi ketika anda mampu menerima semua kelebihan dan kelemahan dengan proporsional maka sepertinya tidak ada yang perlu dipermasalahkan dalam hidup. Hidup menjadi bermasalah karena anda takut berbeda dengan orang lain, mengapa teman – teman anda memiliki handphone seri terbaru sementara anda tidak, anda belum mampu menerima sebuah perbedaan. Mengapa bukan anda yang menjadi miss universe, mengapa anda tidak dilahirkan sebagai seorang Zinedine Zidane atau David Beckham. Bahkan mungkin anda pernah bermimpi dapat terbang seperti superman, bergelantungan di tembok tinggi seperti spiderman, diri anda dengan semua kelebihan dan kekurangan, merasa sangat kurang. Bagaimana dengan anak yang sejak lahir terbelakang secara mental, bagaimana dengan pendetita tetraplegia yang tidak mampu menggerakkan seluruh anggota geraknya kecuali kepala. Mengapa anda tidak menerima, mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Tuhan kepada anda, Tuhan sudah memberikan yang terbaik, hanya Tuhan jua lah yang tahu rahasia dibalik semua rencananya kepada anda.
Pernah melihat acara Kick Andy di Metrotivi? Ketika seorang bernama Raden Mas Sugeng dengan kaki yang terbalut kaki palsu tapi memiliki mental baja, yang semangat dan spiritnya telah mampu membangkitkan semangat beberapa orang cacat yang lain, bahwa dengan cacat tidak menjadi alasan untuk menyerah pada tantangan kehidupan, Raden Mas Sugeng telah mengajarkan The Winning Spirit kepada kita semua.
Ketika anda iri melihat teman anda yang cantik atau tampan kemudian anda merasa diri anda tidak menarik, sebenarnya bukan karena anda tidak menarik, tapi anda baru menilai segala sesuatu dari aspek fisik. anda akan sadar bahwa sebenarnya anda berada di tataran mental dan psikologis anda berada di gangguan sosial, anda takut ketika penampilan anda tidak menarik maka orang – orang akan menjauhi anda, makanya anda selalu berusaha untuk tampil cantik, jika anda cantik maka anda berfikir bahwa masalah akan selesai. Jika anda cantik kebahagiaan pasti akan datang. Jika anda ingin sebuah fakta surveylah 50 orang cantik kemudian tanyakan apakah mereka tidak memiliki masalah? Bisa saja masalah yang mereka alami lebih buruk dari masalah yang anda tanggung, jika mereka menolak lamaran seorang cowok, salah seorang cowok yang nekat bisa mengancam membunuh, mengancam melukai mereka secara fisik dll. Sungguh apapun keadaan anda, anda harus mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan kepada anda, Tuhan memberikan disesuaikan dengan kapasita seseorang.
Pernahkah anda menemukan pasangan cantik dan tampan  yang kemudian harus cerai , apakah karena mereka kurang cantik? Apakah karena penampilan mereka tidak menarik? Karena dalam hati mereka ada yang kosong, harga diri mereka hampa, meski secara fisik mereka adalah pasangan yang serasi tetapi secara psikologis mereka merasa bahwa pasangan mereka belum bisa mengisi hati mereka, pasangan mereka belum bisa memahami mereka, benarkah pasangan mereka kurang bisa memahami? Sebenarnya inti masalahnya adalah ketidakseimbangan antara id, ego dan superego mereka masing – masing, karena masing – masing individu menuntut kesempurnaan dari pasangannya, sehingga ketika mereka menemukan ketidaksempurnaan mereka akhirnya mengakhiri kebersamaan mereka. Ternyata fisik yang sempurna bukan jaminan bahwa anda sudah mengenal diri anda
Mengenal diri berarti anda mampu membedakan mana pikiran buruk dengan pikiran baik, mana pikiran positiv dan mana pikiran negatif. Pemikiran negatif terhadap diri sendiri Akan mengancam integritas ego, bisa merusak konsep diri seseorang, yang lebih fatal kalo akhirnya sampai mengisolasi dari pergaulan karena selalu beranggapan memiliki banyak kekurangan. Padahal dengan mengaku banyak kekurangan anda sudah menutup mata terhadap semua kelebihan maupun hal –hal positif yang ada dalam diri anda.
Mengenal diri adalah mengakui semua kekurangan dan menerima semua kelebihan tanpa harus disombongkan ke orang lain, selama ini anda menjadi begitu keras tampil sempurna karena anda takut bahwa anda akan dicemooh, anda akan ditertawakan, anda akan diremehkan, mengapa anda harus tampil sempurna jika tidak ada apapun yang sempurna kecuali Tuhan itu sendiri. Bahkan nabi sebagai utusan Tuhan sekalipun memiliki kekurangan, manusia – manusia pilihan saja memiliki kekurangan apalagi anda manusia bisaa.bukan kekurangan atau kelebihan yang harus anda pikirkan tetapi perubahan, perubahan dari 0 menuju 9, perubahan dari nothing tobe something, dari bukan apa – apa mejadi seseorang. Jika Anda sudah mengenal tujuan hidup anda, long-term purpose atau tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek. Maka anda sedang berada dalam proses menuju perubahan tersebut tapi jika anda belum mengenal tujuan hidup anda, belum mengenal semua kelebihan dan kekurangan anda. Maka anda akan berjalan tanpa sebuah arah yang jelas sehingga apa yang anda capai juga tidak jelas. Jadi mulailah menetapkan saat ini sebelum terlambat.
Meski terlihat mudah jika penetapan tujuan hidup anda salah, arah yang akan anda tuju juga akan salah. Penetepan tujuan yang baik menyangkut 4 aspek dimensi fisik, dimensi psikologis, dimensi sosial dan dimensi spiritual, keseimbangan dari ke 4 aspek ini akan membawa anda pada keberhasilan yang tidak membawa kekosongan. Meski secara material anda berlimpah, tapi ketika anda sakit tidak ada yang menjenguk, ketika mobil anda mogok tidak ada yang mau perduli anda harus menelpon bengkel langganan anda, ketika anda dirampok tidak ada yang mau mendengarkan anda harus menelpon polisi untuk menyelesaikan masalah anda. Keberhasilan dalam 4 dimensi akan membawa anda pada kemakmuran dan kesejahteraan. Terbebas dari segala ketakutan, terbebas dari segala kekhawatiran. Anda benar – benar bisa tidur nyenyak, cobalah anda pergi ke sebuah tempat belilah beberapa bungkus nasi kemudian bagikan kepada orang – orang yang kelaparan tapi tidak memiliki pekerjaan. Lihatlah reaksi yang mereka berikan, mereka akan melindungi anda dengan gratis.
Mengapa hanya dengan sebungkus nasi anda bisa mendapatkan perlindungan? Karena orang lain merasa anda bermanfaat untuk mereka, bayangkan dengan anda harus membayar 4 orang pengawal pribadi dengan gaji sejelek – jeleknya 500 ribu rupiah. Dengan uang 2 juta rupiah anda bisa membeli lebih banyak orang ketika anda mampu memberikan kepada orang lain apa yang mereka butuhkan, pakaian, minuman, tumpangan kendaraan. Meski apa yang anda lakukan terlihat kecil, tetapi nilai dari yang menerima bisa tak terhingga, hal ini sesuai dengan hukum ekonomi “ menggunakan modal seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin, penggunaan 10 % apa yang anda punya untuk mendapatkan 90 % apa yang anda inginkan. Teori 10/90 bisa diterapkan pada semua dimensi kehidupan, tidak hanya dalam dunia investasi. Hati-hatilah dengan mimpi anda, mimpi dan impian berbeda, mimpi adalah kejadian ketika anda berada dalam alam bawah sadar. Impian adalah kejadian yang anda rencanakan dalam keadaan sadar, anda rencanakan strategi mencapainya agar dapat anda petik hasilnya.
Mengenal diri adalah mengetahui sedalam – dalamnya diri anda, melakukan evaluasi terhadap semua yang sudah Anda lakukan selama ini, apakah Anda hidup sesuai dengan tujuan yang benar, apakah Anda sudah mengikuti pola berpikir yang benar, kebenaran berasal dari hati anda, jika anda mau jujur dengan hati anda, hati kecil anda, setiap kali anda melakukan kesalahan atau melakukan suatu perbuatan yang melanggar, anda merasa khawatir, anda merasa gelisah, anda merasa takut, perubahan secara emosional, anda menjadi terburu – buru seperti dikejar – kejar sesuatu. Jika akibat dari pelanggaran itu tidak segera anda atasi, maka rasa sesal, kecewa, sedih bahkan marah pada diri sendiri Akan menghantui anda. Akan selalu mengikuti kemana anda pergi, Akan selalu mengikuti dimanapun anda berada. Kejujuran, kebenaran dari hati akan menuntun anda menjadi lebih baik, mungkin selama ini Anda merasa apa yang Anda lakukan sudah benar, mungkin Anda juga merasa apa yang Anda lakukan sudah tepat.untuk mengetahuinya tanyakan dalam hati kecil anda apakah yang anda lakukan sudah benar – benar tepat atau belum. Hati anda berisi 99 kebaikan karena menurut Ari Ginanjar Agustian dalam buku ESQ Way, bahwa kebenaran sejati berasal dari Tuhan. Kebenaran mengikuti kata hati anda, jika menurut hati anda benar berarti anda memang sudah benar.
Mengenal diri adalah penguasaan akan konsep diri yang matang, mampu mengetahui sinyal – sinyal yang diberikan oleh tubuh kepada anda, jika anda lapar karena saluran pencernaan anda mengirimkan sinyal lapar ke bagian hipotalamus sehingga anda lapar, ketika anda mengantuk ada sinyal dikirimkan ke otak sehingga anda menguap, ketika anda lelah karena akumulasi asam laktat, anda diminta untuk beristirahat dan mengkonsumsi oksigen sebanyak mungkin agar asam laktat dioksidasi melalui proses glukoneogenesis menjadi bahan siap pakai. Tubuh selalu mengirimkan sinyal kepada Anda, ketika anda menginjak paku tubuh mengirimkan sinyal nyeri agar anda segera mengangkat kaki anda, agar kerusakan yang ditimbulkan tidak menjadi semakin parah. Software yang berada dalam tubuh anda selalu mengirimkan sinyal agar anda merawat hardware. Perangkat keras seperti hepar, ginjal, gastrointestinal, otot dan tulang. Para programmer diseluruh dunia tentu sangat memahami keistimewaan dari software tubuh manusia yang memiliki mekanisme automatisasi, sel akan mati setelah beberapa hari melalui mekanisme apoptosis, secara periodik setiap bulan wanita mengeluarkan darah kotor, bahkan setiap berapa detik Anda mengeluarkan air liur untuk membasahi tenggorokan Anda, ketika Anda panas terprogram secara otomatis untuk mengeluarkan keringat.
Sudahkah anda merawat organ – organ anda melalui makanan yang sesuai dengan standar kesehatan, olahraga yang teratur, tidur yang cukup. Sistem tubuh anda diprogram dengan sangat sensitif, begitu anda melihat seorang wanita cantik kemudian timbul rasa tertarik dalam pikiran anda, bahkan jika pikiran itu tidak terkontrol anda akan membayangkan sesuatu yang lebih liar dengan wanita tersebut. Stop atau cancel program dipikiran anda, waspadai jika pikiran anda mulai macam – macam. Karena pikiran yang tidak terkontrol oleh hati Akan menyebabkan tubuh bergerak ke arah yang salah. Ketika anda merasa dendam, tubuh akan bergerak ke arah kejahatan (pemukulan, penganiayaan, pengeroyokan, pembunuhan). Stop pikiran buruk dari otak anda, restart ulang program dalam otak anda. Pejamkan mata sebentar, biarkan bayangan gelap terekam dalam memori anda selama minimal 3 menit, dalam kegelapan kelak anda akan dikubur, masih mau meneruskan niat berbuat jahat? Aturlah cara berpikir otak anda, karena bahaya dari pikiran yang tidak terkonrol oleh hati mengakibatkan beberapa organ Anda melakukan kesalahan dan dosa. Jika Anda terlanjur melakukan sebuah pelanggaran, tidak hanya dosa yang Anda tanggung, permusuhan dari keluarga korban, bahkan selain manusia, Tuhan pun akan memusuhi anda, jika Tuhan sudah memusuhi anda kemudian mengusir anda?
 Selama ini otak Anda sering terisi dengan rekaman berbagai peristiwa yang membuat persepsi Anda terhadap kehidupan akan berbeda – beda jadi, hati – hati dengan pikiran anda, karena sebagai pusat koordinasi maka pikiran yang ada di otak berpotensi menggerakkan tubuh Anda, positiv thingking dan selalu optimis. Mengenal diri adalah melakukan dialog dengan diri sendiri, apa yang kita inginkan, apa yang kita rencanakan, apa yang akan kita lakukan, jika yang kita lakukan tidak berhasil, rencana kedua yang kita persiapkan agar tujuan kita tercapai, apa personal goal setting kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: