OPINI : KOMUNIKASI DENGAN MEDIA DIGITAL

Setiap orang pernah mengalami kesulitan berkomunikasi ketika berada dalam jarak yang sangat jauh, bahkan ketika saya masih kecil, masih sempat muncul sebuah metode komunikasi yang sangat menggelikan kalau diingat, Ketika bapak saya sedang pergi penataran selama 3 hari, ibu saya mengajarkan agar saya mengaduk air didalam gentong dan mengatakan “bapak pulang”. Bayangkan jika kejadian seperti ini terjadi di jaman digital seperti saat ini, dengan semakin berkembangnya layanan dari para penyedia layanan komunikasi telah membuat jarak menjadi tidak terasa, perkembangan videocall atau video confrence membuat kita mampu berdiskusi dengan orang lain dalam sebuah jarak yang sangat jauh.

Tekhnologi diciptakan untuk memudahkan manusia, jika manusia bisa memanfaatkan semua lini komunikasi maka sebenarnya dia sedang membuka diri terhadap dunia, membuka wawasan dan membuka pikiran untuk menerima informasi. Betapa dahsyatnya fungsi informasi sehingga ada ilmu yang mempelajari teknologi informasi. Informasi bisa diubah menjadi beberapa bentuk, bentuk informasi ini disesuaikan dengan jarak dan audience. Jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain dibelahan dunia yang berbeda maka penggunaan alat komunikasi digital mutlak diperlukan.

Penggunaan email dan blog sebagai salah satu alternatif menyampaikan pesan dari satu individu ke individu yang lain. Email menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif sehingga kita bisa menyampaikan beberapa informasi yang ingin kita sampaikan ke audience yang lebih luas, sebagai bagian dari komunikasi publik maka komunikasi dengan media digital adalah sebuah solusi menghadapi persaingan global. Email bukan lagi sekedar surat menyurat elektronik tetapi bisa berkembang menjadi media pembelajaran yang efektif. E book mulai berkembang menjadi sebuah alat pembelajaran distance learning yang efektif.

bersambung ke hal selanjutnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: