KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi intra personal adalah perenungan, inner journey, kontemplasi atau berusaha menemukan diri. Siapa Anda, dari mana Anda datang, kemana Anda akan kembali, komunikasi intra personal adalah proses untuk menemukan jati diri, proses untuk menemukan “siapa saya”. Ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa anda jawab.

Apa makanan favorit anda ?, Apa warna favorit anda ?, Siapa idola anda ?, Siapa yang selama ini telah mempengaruhi cara berpikir anda ?, Mengapa anda belajar ?, Mengapa anda berintaraksi dengan orang banyak ?, Untuk apa anda ingin memiliki mobil ?, Siapa saja orang yang menjadi teman anda ?

Pertanyaan – pertanyaan ini bukan pedoman, pertanyaan – pertanyaan itu adalah salah satu contoh proses internalisasi, ketika Anda harus menemukan siapa diri Anda yang sebenarnya.

seorang anak bingung dengan kejadian – kejadian yang ia lihat, selama ini ia sering mengalami mimpi basah yang menyenangkan, tapi ia takut jika ia bercerita akan ditertawakan oleh temannya, kemudian ia mulai membaca buku tentang perubahan reproduksi remaja” apa hasil akhir dari cerita tersebut, usaha menemukan sesuatu yang terjadi dalam diri Anda dengan mencari dukungan literatur, pendapat pakar tentang kejadian yang Anda alami. Anda pernah jatuh cinta kepada seorang wanita yang kemudian wanita itu tidak tertarik pada anda, atau sebaliknya anda tertarik dengan seorang pria tampan tapi pria itu tidak memperdulikan anda. Perasaan kecewa, perasaan sedih, merasa ada yang kurang dalam diri Anda, merasa tidak cantik. Berarti kecantikan anda masih sebatas opini belum fakta karena faktanya semua wanita cantik, selama ini kriteria cantik menjadi perdebatan. Warna kulit putih, tinggi badan ideal, berat badan ideal, hidung mancung, wajah simetris. Apakah benar seperti itu. Cantik yang sebenarnya adalah ketika seseorang bisa benar – benar enjoy dengan dirinya sendiri.

Cantik secara fisik berarti simetrisitas, hidung mancung tetapi ukuran lubang hidung tidak sama akan mengurangi penampilan, hidung mancung tetapi mancungnya kurang proporsional juga tidak bisa dikatakan cantik, cantik hati berarti dia tidak memiliki bad character, dia tidak memiliki benci karena yang ada dihatinya adalah cinta kepada orang lain, cantik sosial adalah orang yang memiliki kepedulian tingi kepada orang lain. Kecantikan spiritual ketika nilai nilai keTuhanan sudah merasuk dalam hidupnya. Masihkan anda merasa kurang cantik, lihatlah acara the Amazing of Love atau kekuatan cinta. Betapa perbedaan fisik sering tidak menjadi kendala atau masalah bagi seseorang dalam menentukan pilihan hidupnya. Ada pengalaman seorang teman yang begitu antipati dengan seorang cowok karena wajahnya kurang menarik, ketika akhirnya si cowok mau berubah, betapa terkejutnya ternyata sebenarnya cowok tersebut tampan. Sebuah penilaian yang bisa berubah dalam waktu seketika. Bahkan ada beberapa orang dengan neurofibromatosis bersuami cakep. Lalu masalahnya apa?

Ini kisah yang dialami oleh teman saya sebut saja namanya Rangga dia menyukai seorang cewek yang secara penampilan sangat jauh dari penampilan teman saya tersebut yang cewek seorang primadona sementara teman saya hanya cowok yang biasa karena begitu terobsesinya dia dengan cewek tersebut sampai setiap melihat cewek tersebut dia sudah mabuk kepayang, cewek yang disukai teman saya tersebut sebenarnya tidak paling cantik tapi dia mampu memikat banyak hati cowok sampai akhirnya suatu hari adik kelas saya tersebut menolak cinta teman saya, kasihan sekali teman saya tersebut yang gagal mendapatkan cinta dari orang yang ia sayangi.

Ketika anda jatuh cinta pada seseorang kemudian orang yang anda cintai tidak membalas, bukan karena anda tidak menarik secara fisik, tapi anda belum mampu membuat dia merasa nyaman dengan keberadaan anda, jika anda mampu membuat orang lain merasa aman dan nyaman dengan keberadaan anda, tidak akan terjadi gaya tolak menolak.karena seseorang menolak bukan karena anda kurang tampan, bukan karena anda kurang cantik tapi kurang meyakinkan, jika mampu menyakinkan orang lain dengan ketulusan hati, orang akan merasa aman dan nyaman berada didekat anda. Anda jaga pikiran, hati dan ucapan maupun perbuatan dengan pertimbangan nilai dan norma, Anda pertimbangkan pula adat yang berlaku, jangan sampai anda dianggap kurang sopan atau kurang etis.

Beberapa orang sering kali “klik” ketika bertemu dengan seseorang yang ia sukai, ketika kemudian hatinya ternyata tidak menyukai sesuatu akhirnya akan terjadi pemutusan komunikasi. Internal konflik adalah akibat dari konsep diri yang belum kuat, pencarian identitas, gambaran diri negatif bahkan kehilangan pertimbangan rasional dalam memutuskan segala sesuatu, misalkan : jatuh cinta pada istri orang lain, tidak hanya menyakiti diri sendiri juga berpotensi konfliks interpersonal. Konflik yang ujung – ujungnya mengarah ke pertikaian maupun ke perebutan kekuasaan atau harga diri. Saling unjuk kekuatan untuk membuat orang lain kalah. The Winning Spirit sejalan dengan pemikiran ESQ Way Ari Ginanjar Agustian, Komunikasi Efektifnya Dale Carnegie, Finansial Revolution nya Tung Desem Waringin, The Seven Habbit to be Effective People Stephen R Covey, atau bahkan dengan The Cashflow Quadrant Robert Tiyosaki. The Winning Spirit adalah proses perubahan mental dengan dimensi utama adalah homeostasis atau keseimbangan, jika Cashflow Quadrant membahas keseimbangan antara empat kuadran yaitu kuadran pekerja, kuadran bisnis, kuadran small bisnis, kuadran investor. The Winning Spirit adalah keseimbangan antara rencana dengan hasil yang akan dicapai.

The Winning Spirit adalah langkah untuk berubah sesuai dengan konsep perubahan Kurt Lewin , jadi komunikasi internal adalah komunikasi antara rencana, faktor penyulit, faktor pendukung, analisis problem solving, bahkan sampai evaluasi proses, hasil. The Winning Spirit bukanlah meneriakkan “saya pasti bisa, aku bisa” The Winning Spirit adalah konsep pikir melaksanakan perencanaan untuk mencapai hasil maksimal “ sehingga Henry Ford berkata pekerjaan yang paling sulit adalah berpikir” betapa pentingnya komunikasi internal untuk mencapai keberhasilan hidup.

Dengan komunikasi internal berarti anda sudah melakukan inner journey, perjalanan jauh kedalam diri anda sendiri, selama ini anda baru bisa mengingat bagaimana bentuk hidung anda, bentuk mata anda, warna kulit anda, bentuk gigi anda, padahal masih ada hal lain yang belum anda kenal, pemikiran anda, proses berpikir anda, apakah anda sudah mampu menyeimbangkan neraca, hitunglah air yang anda minum dengan air yang anda buang lewat urin dan keringat, hitunglah jumlah makanan yang anda makan dengan hasil akhir energi ATP yang dihasilkan. Keseimbangan neraca akan membantu anda untuk survive, ketidakseimbangan neraca akan mengancam anda. Cobalah berhenti bernafas selama 2 menit, lanjutkan sampai 10 menit, anda akan menyebabkan otak anda mengalami hipoksia yang berakibat kerusakan pada sel – sel otak, jika masih terjadi iskemik maupun infark pada otak akibatnya kerusakan otak irreversibel. Seimbangkan input dan output anda, jika anda saat ini dalam posisi kekurangan sekalipun, sisihkan 500 rupiah uang anda, berikan kepada pengemis atau peminta – minta tanpa melihat apakah dia benar – benar seorang pengemis atau tidak, berikan dengan tulus. Jangan pernah mengingat pemberian anda, lupakan hal baik yang sudah pernah anda lakukan agar anda berusaha untuk mengulanginya

Jika anda berlimpah harta, berikan atau sumbangkan beberapa dari harta anda untuk orang lain, baik lewat yayasan maupun lewat tempat ibadah. Sisihkan sebagian rejeki anda, karena dengan menyisihkan sebagian rejeki anda, anda sudah memberi makan pada organ sosial anda, ketika anda beribadah berarti anda sudah memberi makan organ spiritual anda, bahkan berdasarkan penelitian, akhirnya diketemukan bahwa dalam otak ada area god spot. Area yang akan membawa anda pada kekuatan spiritual, kekuatan yang bersumber pada kepercayaan pada Tuhan. Jika anda yakin dengan keberadaan Tuhan, jika anda juga sudah meyakini dalam hati akan kekuasaan Tuhan maka ibadah anda adalah input bagi spirtitual yang anda bangun. Lakukan komunikasi intrapersonal, jujurlah dengan hati anda sendiri, catatlah semua kejadian dari yang menyenangkan sampai kejadian yang menyakitkan kedalam sebuah diari, kemudian tuliskan rencana – rencana anda ke depan, temukan semua pengetahuan tentang anda, tentang semangat anda, tentang cita – cita anda “gantungkan cita cita setinggi langit tapi jangan sampai pungguk merindukan bulan, ubah takdir anda yang masih bisa dirubah, karena takdir yang sudah tidak bisa dirubah tidak bisa diputar ulang agar anda bisa mengubahnya. Contoh takdir yang tidak bisa dirubah adalah anda lahir dari rahim seorang ibu, merubah ibu anda adalah hal yang mustahil

Begitu anda terlahir ke dunia, anda tidak punya kekuatan untuk memilih anda tidak bisa kemudian mengubah ibu yang telah melahirkan anda, takdir ini akan anda bawa sampai mati, tapi takdir yang masih bisa anda rubah seperti bentuk tubuh, ketrampilan, pengetahuan, kekayaan, atau apapun yang ingin anda miliki masih bisa anda ubah. Sadari semua kekurangan dan kelebihan, terima semuanya sebagai pemberian dan titipan dari Tuhan, Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepada hambanya. Selama ini, ketika anda berbuat salah, anda cenderung menyalahkan orang lain, ketika anda memecahkan gelas, anda berusaha menyalahkan lantai yang licin, letak gelas yang tidak terlalu ke tengah, akibatnya anda tidak mendapatkan pelajaran apa – apa dan berpotensi mengulang kesalahan yang sama. Ketika anda mengalami kesalahan dan kegagalan, pikirkan bahwa itu kesalahan anda, coba temukan mengapa bisa salah dan gagal, susun alternatif penyelesaian terhadap kesalahan dan kegagalan tersebut. Ketika anda belajar berjalan untuk pertama kalinya, anda terjatuh, anda bangun lagi mencoba berjalan lagi dengan sedikit rasa takut, ketika anda jatuh lagi anda sudah sadar bahwa terjatuh itu sakit, kemudian anda tetap mencoba berjalan, sekarang ketika anda sudah besar, sambil baca komik, tangan kanan memegang handphone, berjalan ternyata tidak sulit.

Anda pantas belajar dari masa lalu anda, ketika anda baru bisa mengucapkan “mam..mam..” semua orang yang melihat anda sudah sangat senang sekali, mengapa menyenangkan mereka karena kata – kata yang anda ucapkan tulus dari dalam hati, anda tidak memiliki maksud dan tujuan lain kecuali ucapan yang anda ucapkan “tidak ada udang dibalik batu”, sehingga ketika anak kecil mampu bercerita, akan anda sadari bahwa anda pernah sangat menyenangkan, mengapa anda tidak melakukan flashback, anda berbicara secara jujur dan tulus tanpa ada unsur apapun, tanpa ada maksud yang tersembunyi. Buat diri anda menyenangkan bagi orang lain, tangan anda untuk menolong orang lain, bukan untuk memukul ataupun menampar, mulut anda untuk mengajak pada kebaikan bukan untuk mengajak dalam kesesatan, mengapa perbuatan buruk dianggap menyesatkan, karena dia telah melencengkan pikiran anda dengan kebenaran hati anda, sucikan hati agar hidup anda tenang, damai, bahagia dan sejahtera. Satu organ anda yang memiliki kemampuan luar biasa adalah otak anda, secara otomatis, otak akan memerintahkan kelenjar endokrin untuk mengeluarkan hormon – hormon yang ada dalam tubuh, mengatur pengeluaran neurotransmitter. Betapa otomatisnya, dengan kontrol otak pula anda bisa mengendalika emosi anda, bisa mengendalikan kenyang dalam perut anda.

Sadari semua pikiran yang ada dalam otak anda, otak bekerja dengan mengolah informasi yang masuk, jika anda ingin menang, maka berikan informasi kemenangan kepada otak, maka otak akan memerintahkan semua organ tubuh dan kelenjar bergerak menuju kemenangan. Kemenangan sejati, kemenangan yang sudah tidak bisa dikalahkan, Best of the Best. Jika anda ingin menjadi yang terpandai, akan banyak orang yang bisa menyaingi kepandaian anda, jika anda ingin terkaya, akan banyak orang yang menyaingi kekayaan anda. Jika anda bersaing dengan masa lalu anda sendiri dan berpikiran bahwa “besok saya harus lebih baik” anda akan menang sejati, karena yang anda kalahkan adalah masa lalu dan masa lalu selalu tertinggal oleh masa sekarang dan masa depan. Menjadi yang terbaik, menjadi paling unggul akan membawa anda menang dalam waktu yang terbatas, kemenangan terhadap perubahan tidak terbatas, ketika anda bisa menjadi orang yang benar – benar taat kepada Tuhan maka masa depan anda jauh lebih panjang dari umur anda.umur anda terbatas sampai 70 – 80 tahun, lebih dari itu anda akan berpindah alam, anda akan hidup lebih panjang di alam setelah kematian. Dengan hidup sesuai tuntunan agama yang resmi, anda akan berusaha menjadi lebih baik.

2 Tanggapan

  1. “Bahkan ada beberapa orang dengan
    neurofibromatosis bersuami cakep.”

    Aku juga mengidap NF…
    Sepertinya Ssangat jarang orang yg mau dengan orang dengan NF.. apakah sebggitu buruknya.. dengan memiliki NF..??

    So Saad..!!

  2. Sebenarnya fisik bukan pertimbangan utama dalam membina sebuah hubungan, bagaimana cara memandang diri sendiri yang lebih penting…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: